Konflik Dalam Rumah Tangga – HARI 25

by gksldntv

Di dalam rumah tangga sering terjadi konflik karena ada perbedaan pandangan antara suami dan istri. Namun, di tengah konflik tersebut, jangan sampai suami dan istri tidak berkomunikasi. Konflik yang disertai dengan absennya komunikasi, akan dapat memicu perceraian.

Kejadian 25:28, “Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.” Dalam ayat ini antara ayah dan ibu, masing-masing memiliki “anak emas”; hal tersebut akan mengakibatkan konflik yang luar biasa. Tetapi konflik tidak bisa menghalangi seseorang untuk bergerak maju dan dipakai Tuhan. Seperti Yakub, Yefta dan Yusuf yang mengalami konflik dalam hidupnya, tetapi konflik itu tidak menghambat mereka untuk bergerak maju dan dipakai Tuhan.

Kita harus melihat bahwa konflik adalah sebuah peluang untuk melihat cara dan pendekatan baru yang lebih kreatif dan bahkan dapat menyalurkan energi positif kita. Dalam konflik kita juga dapat menemukan iman dan berjumpa dengan Tuhan.

Hal-hal yang mengakibatkan konflik dalam rumah tangga:

  1. Komunikasi yang lemah dan buruk. Dengan adanya kesibukan antara suami istri akan terjadi asumsi yang mengakibatkan salah pengertian.
  2. Tidak mengerti hirarki dalam rumah tangga. Istri tidak mengerti bahwa suami adalah kepala keluarga dan sebaliknya suami tidak menyadari posisi sebagai kepala keluarga sebagai pengambil keputusan.
  3. Sudut pandang yang berbeda dalam cara menyelesaikan masalah.

Penulis : Ps. Leonardo A. Sjiamsuri

0 comment
0

You may also like